Anti Virus Untuk laptop
Anti Virus Untuk laptop

Tutorial Memasang Antivirus Terbaik untuk Laptop

Tidak hanya pengguna android, Anda juga harus memilih antivirus terbaik untuk laptop. Adanya virus dan malware menyerang berbagai alat teknologi, bahkan laptop yang penggunaannya kini tidak sering seperti handphone.

Akan tetapi, sebagian besar orang dibelahan dunia, menggunakan laptop untuk menyimpan file-file penting, seperti foto, dokumen pekerjaan, bahkan password akun penting. Sehingga membuat laptop juga menjadi sasaran empuk bagi hacker.

Hal tersebut membuat Anda harus sigap dalam menginstall antivirus sebelum hal persoalan virus membuat kinerja laptop menjadi turun, bahkan berisiko kehilangan data-data penting di dalamnya.

Cara Memasang Antivirus Terbaik untuk Laptop Windows 10

Sebaiknya, Anda tidak perlu ragu menggunakan antivirus untuk Laptop. Terdapat berbagai manfaat jika Anda menginstall antivirus, seperti adanya perlindungan optimal serta membantu kinerja laptop menjadi lebih cepat. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memasang antivirus di Windows 10 :

1.      Mendaftar atau Membuat Akun

Langkah ini memang tidak selalu diperlukan, akan tetapi sangat berguna bagi Anda dalam jangka waktu yang panjang. Dalam 30 hari, setelah mendapatkan trial, Anda akan diminta untuk membuat akun.

Akun tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan akses pengguna ke pembaruan, serta memudahkan Anda untuk mengelola lisensi dan berbagai fitur yang disediakan lainnya. Seperti, keamanan anti-pencurian jarak jauh.

2.      Menginstall Antivirus

Sama halnya dengan android, penangkal virus pada laptop juga harus diinstall terlebih dahulu ke dalam perangkat. Namun, sebagian besar antivirus untuk laptop yang terbilang aman, membutuhkan biaya.

Baca Juga :  Note Book PC HP Pavilion G6 Review

Anda tidak bisa menginstallnya secara gratis, oleh karena itu dibutuhkan pembuatan akun agar bisa menginstall setelah melakukan pembelian. Selain itu, pastikan ruang di laptop cukup.

3.      Memastikan Hak Admin Dikirimkan Ke Perangkat

Hak admin berpengaruh pada kepentingan Anda melakukan otorisasi saat pemasangan perangkat lunak. Caranya, masukkan kata sandi menggunakan akun admin. Jika sudah menjadi admin, Anda mendapatkan izin Windows untuk install antivirus.

4.      Mengikuti Petunjuk

Tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman menginstall antivirus, karena Anda akan mendapatkan petunjuk dari layar laptop. Ikuti langkah proses pemasangan dengan baik dan benar.

5.      Restart

Terakhir, Anda cukup melakukan restart untuk memberikan dorongan terhadap tampilan antivirus versi terbaru yang sudah diinstall sebelumnya. Karena, versi yang diinstall belum tentu adalah versi terbaur.

Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Laptop

Cara install perangkat lunak tersebut memang tidak sulit, tetapi Anda tidak bisa asal memilih antivirus untuk laptop. Banyaknya pilihan aplikasi tersebut, membuat Anda justru harus lebih cermat dalam memilih.

Windows Security

Salah satu rekomendasi perangkat lunak ini, yaitu Windows Security. Biasanya, Anda akan menjumpainya di windows, karena memang sudah bawaan. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, sangat handal dan bersih.

  1. Melakukan update Secara Berkala

Agar proses proteksi berjalan maksimal, pengguna perlu mengetahui cara menggunakan perangkat lunak ini. Pertama, lakukan update secara berkala agar Windows Security dengan mudah mendapatkan database adanya virus terbaru.

  1. Aktifkan Real-Time Protection

Antivirus terbaik untuk laptop kedua yaitu aktifkan real-time protection yang berfungsi sebagai pelindung perangkat saat menggunakan internet. Windows Security dengan mudah akan mendeteksi virus yang hendak masuk saat pengguna melakukan browsing.

  1. Aktifkan App

Ketiga, aktifkan App serta browser control agar dapat memastikan bahwa file yang digunakan telah bersih dan virus. App ini juga akan melakukan pengecekan setiap kali pengguna mengunduh file dari internet.

  1. Indikator Sudah Centang Biru

Terakhir, pastikan bahwa indikator didalam perangkat lunak tersebut sudah centang hijau. Hal ini menjadi tanda bahwa fitur-fitur di dalamnya memang berfungsi secara aktif dan update terhadap virus-virus baru yang masuk.

Baca Juga :  Best Laptop Brands di Tahun 2021

Apabila terdeteksi sebuah virus baru masuk, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan supaya segera melakukan pembersihan secara manual agar terhindar dari kerusakan atau pencurian data di dalam perangkat pengguna.

Bitdefender

Bitdefender total security
Gambar: Bitdefender total security

Selain Windows Security, ada juga Bitdefender yang bisa menjadi protector kedua. Kelebihannya, mampu menerapkan fitur deteksi score dengan kemampuan yang baik, serta dirasa cukup ringan ketika melakukan scanning.

Avast

Avast Anti virus
Gambar: Avast Anti virus

Bagi pengguna yang mencari antivirus gratis, Avast menjadi pilihan terbaik untuk pengguna Windows 10. Namun, jika menginstall antivirus gratis, tentu saja terdapat berbagai keterbatasan fitur.

Sebagai pengguna teknologi, Anda perlu memperhatikan pentingnya memberikan proteksi untuk melindungi data dan perangkat. Pilihlah antivirus terbaik untuk laptop dan menerapkan tutorial memasangnya dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *