image: Google Doodle Games
image: Google Doodle Games

Top 10 Popular Google Doodle Games yang Bisa Anda Mainkan

Popular Google Doodle games

Kehadiran popular Google Doodle games mampu memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat khususnya para pengguna internet. Google sebagai perusahaan raksasa khususnya di bidang teknologi menghadirkan sebuah permainan yang menarik.

Melalui doodlenya, Google mengajak para penggunanya untuk bersenang-senang memainkan berbagai games yang dapat menghilangkan kejenuhan. Tren bermain game baik itu menggunakan smartphone maupun PC memang semakin populer.

Sayangnya berbagai jenis permainan online tersebut terkadang membutuhkan penggunaan perangkat atau gadget dengan spesifikasi tertentu serta kapasitas penyimpanan besar. Namun dengan hadirnya games Google Doodle, kendala tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Karena, Anda tidak perlu mendownload game secara khusus melainkan bisa memainkannya langsung dengan membukanya lewat halaman Google. Game Google Doodle ada banyak jenisnya. Berikut ini adalah daftar 10 terbaik yang bisa dimainkan.

Fischinger

Popular Google Doodle games pertama yaitu Fischinger. Nama tersebut diambil dari seorang animator abstrak, pelukis, dan juga pembuat film dari negara Jerman. Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

Jika ingin memainkannya, Anda hanya perlu menuju ke halaman pencarian Google kemudian mengetikkan Google Doodle Fischinger. Pada permainan ini, Anda dapat membuat sebuah komposisi musik sendiri.

Ketika memasuki permainan, Anda akan disuguhi tampilan berupa titik-titik berbentuk wajik atau diamond. Ketuk salah satu titik untuk menghasilkan bunyi. Ketika disatukan menjadi satu, kumpulan bunyi tadi akan membentuk komposisi.

Jika sudah puas dengan hasilnya, Anda bisa membagikannya ke berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Game ini cocok bagi para pecinta musik. Selain itu, bisa juga mengenal sosok Fischinger.

Hip Hop

Jenis permainan lainnya di Google Doodle yaitu Hip Hop. Sama seperti Fischinger, Hip Hop juga diluncurkan pada 2017 dan kembali dihadirkan Google bagi penggunanya. Sesuai dengan namanya, nuansa hip hop sangat kental.

Baca Juga :  Bagaimana Memainkan Popular Google Doodle Games di Laptop ?

Pada permainan ini, pengguna akan disuguhi turntable yang dapat dipakai untuk membuat mix lagu layaknya seorang DJ. Sebelum memasuki permainan, Anda akan dipandu oleh Fab 5 Freddy, seorang pelopor hip hop dari Amerika.

Fab 5 Freddy juga memperkenalkan sejarah lahirnya musik hip hop dengan apik, yaitu membawa sosok Kohl Herc. Game hip hop memungkinkan Anda menjadi seperti seorang DJ yang memainkan beragam lagu.

Halloween

Popular Google Doodle games satu ini tentu sudah bisa Anda tebak karakternya. Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 lalu.

Dalam kampanyenya yang bertajuk Stay and Play at Home, Google kembali mengajak penggunanya untuk memainkan Halloween. Permainan ini menyuguhkan cerita hantu khas momen Halloween namun dengan karakter animasi lucu.

Untuk memainkannya, Anda harus membunuh para hantu yang berkeliaran dengan mantra khusus. Untuk mengucapkan mantra, pemain harus membuat membuat bentuk tertentu sesuai instruksi. Terdapat banyak level yang kian sulit untuk ditaklukkan.

Play with Bees

Untuk memperingati Earth Day alias Hari Bumi pada 22 April 2020 silam, Google meluncurkan sebuah permainan doodle dengan menghadirkan karakter lebah. Sebelum memulai permainan, terdapat intro dengan animasi menarik.

Intro tersebut berisi narasi menceritakan lebah beserta perannya terhadap lingkungan di bumi. Di permainan ini, Anda akan berlaku sebagai seekor lebah yang harus membantu penyerbukan berbagai bunga warna-warni.

Caranya, dengan menempel pada bunga yang telah mekar seolah seperti memakannya. Kemudian cari bunga lain dengan warna yang sama lalu hinggap di bunga tersebut. Makanan dari bunga sebelumnya yang sudah mekar akan membantu penyerbukan.

Loteria

Loteria adalah popular Google Doodle games yang pertama kali dirilis pada 9 Desember 2019 lalu. Loteria sendiri merupakan permainan kartu alias card game tradisional asal Meksiko yang digemari oleh masyarakatnya.

Baca Juga :  Gaming PC Laptop Terbaik 2021

Cara memainkan Loteria memiliki sedikit kemiripan dengan game Bingo. Anda akan disuguhi sebuah papan berisi macam-macam kartu. Jika mempunyai kacang dengan gambar kartu yang sama, disitu pemain akan mendapatkan satu kacang.

Kacang tersebut memiliki bentuk berbeda-beda. Untuk memenangkan permainan, pemain harus membuat pola berupa 4 kacang berbentuk sama. Kemudian mengklik Loteria.

Scoville

Scoville adalah salah satu popular Google Doodle games yang namanya diambil dari seorang apoteker asal Amerika bernama Wilbur Scoville. Doodle ini pertama kali rilis pada Januari 2016 untuk memperingati hari jadinya ke 151.

Scoville adalah penemu skala Scoville, yaitu skala untuk menentukan tingkat kepedasan tanaman cabai-cabaian. Di permainan ini, terdapat animasi Scoville yang memakai berbagai jenis cabe seperti paprika dan jalapeno.

Pemain harus mengalahkan cabe-cabe tersebut dengan cara melemparkan eskrim ke jarak tertentu. Jika berhasil, cabe tersebut akan membeku. Namun jika gagal, Anda lah yang akan dikalahkan cabe tersebut.

Quick, Draw

Quick Draw adalah popular Google Doodle games yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai gambar. Ini merupakan gim kecerdasan buatan dimana Anda akan bermain “tebak gambar” dengan komputer.

Pertama, Google akan memberikan perintah benda apa yang harus digambar. Dalam waktu 20 detik, pemain harus membuat gambar tersebut. Di waktu bersamaan, komputer akan menebak gambar tersebut.

Permainan ini menguji kemampuan dan kreativitas Anda dalam menciptakan gambar berbagai objek. Gim Quick, Draw dapat dimainkan kapan saja asalkan memiliki koneksi internet.

Coding

Untuk memperingati Kids Coding Day ke-50, Google meluncurkan popular Google Doodle games bernama Coding pada tahun 2017. Untuk menyukseskan kampanyenya yang bertajuk Stay and Play at Home tahun 2020, gim ini dihadirkan kembali.

Baca Juga :  4 Earbuds Terbaik Untuk Gaming 2021 Telah Teruji Bagus!

Permainan Coding berupa seekor kelinci yang harus memakan wortel. Untuk menggerakkan kelincinya, Anda perlu menggunakan kode blok sesuai bahasa pemrograman anak Scratch. Gim interaktif ini memiliki animasi yang lucu.

Cricket

Popular Google Doodle games Cricket pertama kali rilis pada tahun 2017 untuk merayakan ICC Women’s World Cup alias Piala Dunia Cricket Wanita. Di permainan ini, Anda akan terlibat dalam sebuah pertandingan cricket.

Untuk memainkannya, Anda harus memukul bola menggunakan bat yang tersedia di waktu tepat untuk mendapatkan poin. Jika gagal memukul bola, Anda harus mengulang permainan dari awal. Skor tertinggi pemain di gim ini yaitu 4.678.

Rekor tersebut masih belum terpecahkan hingga saat ini. Orang-orang di balik pembuatan gim doodle cricket ini antara lain Jacob Howcroft, Mack Cruickshank, Mark Ivey, dan Leon Hong.

Pac-Man

Popular Google Doodle games satu ini mungkin sudah sangat familiar bagi Anda. Animasi Pac-Man hadir di Google Doodle pada tahun 2010 untuk memperingati hari jadinya yang ke-30.

Di permainan ini, Anda akan bertindak menjadi karakter Pac-Man yang harus memakan titik-titik. Titik-titik tersebut tersebar di dalam lintasan. Cara menggerakkannya yaitu dengan menekan tombol navigasi pada keyboard komputer Anda.

Sebagai tantangannya, terdapat 4 buah karakter musuh yang digambarkan menyerupai animasi hantu. Anda harus tetap memakan titik-titik tadi sekaligus menghindari kejaran para hantu. Jangan sampai salah satu dari hantu tadi berhasil memakan Anda.

Selain menarik, doodle juga bisa menjadi media mempelajari berbagai sejarah tentang tokoh dunia maupun peristiwa penting. Sembari belajar, Anda juga dapat memainkan beragam popular Google Doodle games di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *