HP Printer Laserjet P1102
HP Printer Laserjet P1102

Laserjet P1102 Tidak Bisa Narik Kertas

Salah satu kondisi yang wajar terjadi saat sedang menggunakan printer laserjet P1102 adalah tidak bisa menarik kertas atau paperjam. Tentu saja jika dibiarkan dapat menimbulkan kerusakan lainnya pada perangkat printer tersebut.

Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui penyebab dan cara untuk mengatasinya semaksimal mungkin tanpa merusak komponennya tentu saja. Jangan sampai nantinya kerusakan pada bagian hardware kemudian berkembang pada kerusakan lainnya.

Tentu hal ini tidak diinginkan. Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh jika ingin mengatasinya. Tentu saja dengan cara yang aman dan tepat.

Tidak perlu khawatir asalkan Anda memahami setiap komponennya dengan baik maka masalah paperjam ini masih bisa diatasi sendiri tentunya.

Penyebab Paperjam Pada Printer Laserjet P1102

Kertas Terlalu Banyak

Ada beberapa hal dan kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya paperjam pada printer laserjet seri P1102. Biasanya masalah paling sering terjadi dikarenakan adanya kertas yang dimasukkan pada bagian input tray jumlahnya terlalu banyak.

Sehingga menyebabkannya tidak bisa ditarik dengan baik. Selain terlalu banyak jumlahnya, posisi kertas yang kurang pas juga bisa jadi alasan berikutnya.

Jika posisinya miring maka akan sulit untuk ditarik atau kalaupun bisa maka akan menghasilkan kertas yang terlipat dan tidak sempurna hasil cetakannya. Setiap printer memiliki spesifikasi serta kemampuannya masing-masing.

Jenis Kertas Tidak Sesuai

Jika Anda menggunakan jenis kertas yang memang tidak sesuai dengan kemampuan perangkat ini maka sudah tentu nantinya juga akan menimbulkan masalah termasuk paperjam, jadi hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik.

Baca Juga :  Note Book PC HP Pavilion G6 Review

Adanya Benda Asing

Bukan hanya karena masalah kertas, tetapi paperjam pada laserjet seri P1102 juga bisa disebabkan adanya benda asing yang masuk ke bagian dalamnya. Sehingga Anda perlu melakukan pengecekan secara seksama apalagi jika benda berukuran kecil dan sulit dicari.

Langkah Tepat Mengatasi Paperjam Pada Laserjet P1102

Tidak perlu khawatir ketika printer laserjet seri P1102 Anda mulai mengalami masalah kertas yang macet atau paperjam. Perhatikan dengan baik langkah yang tepat dan harus dilakukan untuk mengatasinya secara benar. Berikut langkah agar dapat memperbaiki paperjam pada printer Anda sendiri.

  1. Bukalah cover printer dan keluarkan secara hati-hati kartrid toner yang ada di dalamnya, sehingga terlihat bagian kertas yang macet di sana. Tentu hal ini masih cukup mudah dilakukan meskipun Anda harus berhati-hati melakukannya.
  2. Cobalah untuk menarik kertas tersebut secara perlahan menggunakan kedua tangan. Namun pastikan Anda tidak memaksakannya karena dikhawatirkan nantinya kertas menjadi sobek dan justru sobekan tersebut tertinggal di dalam dan menimbulkan masalah.
  3. Ketika kertas sudah berhasil keluar sepenuhnya maka Anda bisa memasang kembali kartrid toner dan cover printer seperti semula.
  4. Pastikan saat membukanya Anda tidak menggunakan benda-benda tajam yang bisa merusak komponen pada printer. Jadi sebaiknya Anda juga lebih berhati-hati saat melakukannya.

Jika ketika proses tersebut sudah selesai dilakukan dan Anda mencoba melakukan proses cetak, tetapi hasilnya kotor itu tandanya ada toner yang tumpah. Namun ini bukan masalah serius.

Anda bisa melakukan proses cetak berulang kali sampai hasilnya bersih sesuai yang diharapkan. Jadi memang ada baiknya setelah masalah paperjam diatasi dengan langkah tersebut Anda perlu mengecek terlebih dahulu hasil cetaknya.

Jika ada masalah akan dapat diatasi secara lebih tepat dan awal agar tidak sampai merusak hasil cetak yang Anda inginkan. Pastikan semua komponennya sudah terpasang dengan baik sehingga printer bisa bekerja sesuai fungsinya dan lebih optimal.

Baca Juga :  Cara Install dan Menggunakan Airprint di Windows10

Lakukanlah pengecekan secara berkala untuk menghindari adanya benda masuk ke dalam bagian printer laserjet P1102 dan membuat masalah baru nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *