Cara Mengatasi HP P1102 Paper Jam
Cara Mengatasi HP P1102 Paper Jam

Cara Mengatasi HP P1102 Paper Jam

Salah satu produk unggulan yang sering digunakan untuk keperluan administrasi, yaitu HP P1102. Mesin ini biasa digunakan sebagai pencetak dokumen, printer ini juga bisa untuk fotocopy dan scan.

Ketiga fungsi itu disebut dengan all in one. Anda tidak perlu repot membeli tiga mesin agar dapat melakukan fotocopy, scan, dan print. Selain masing-masing mahal, tentu dapat memenuhi ruangan kerja.

Kegunaan satu mesin untuk tiga fungsi tersebut menjadikan pekerjaan lebih praktis. Namun, meski dilengkapi dengan kelebihan all in one, printer ini tetap saja bisa mengalami kendala karena berbagai hal.

Mengatasi HP P1102 Saat Mengalami Paper Jam Secara Manual

Paper Jam seringkali terjadi bukan hanya di mesin ini, melainkan juga di mesin pencetak lainnya. Tidak perlu khawatir, karena setiap kendala selalu ada solusinya. Berikut cara mengatasi paper jam pada HP tipe P1102 :

1.      Turn Off Printer

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika terjadi paper jam adalah mematikan mesin pencetak. Caranya sangat mudah, cukup tekan dan tahan sebentar tombol power hingga lampu indikatornya mati.

2.      Keluarkan Toner Laserjet

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu toner laserjet, jawabannya adalah sejenis tinta yang digunakan pada printer. Setelah mematikan mesin, Anda juga harus mengeluarkan toner secara hati-hati.

3.      Mencari Posisi Kertas yang Tersangkut

Setelah printer dalam keadaan siap diperbaiki, Anda bisa mencari dimana posisi kertas yang tersangkut. Kemungkinan besar antara di bagian penarik kertas masuk sebelum di cetak atau area sekitar toner.

Baca Juga :  Cara Scan Hp Deskjet 2135 Mudah dan Cepat

4.      Mengambil Kertas dengan Hati-hati

Ketika sudah menemukan posisi kertas yang tersangkut, Anda harus mengambilnya secara perlahan agar mesin dapat digunakan lagi. Jika ditemukan di bagian penarik, maka Anda bisa menarik kertas maju.

Jika tersangkut di area sekitar toner atau bagian pemanas, maka proses pengambilannya lebih rumit. Carilah pengait untuk membuat jepitan pemanas kendor terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mengambil kertas tersebut.

Mengenal Pengertian Paper Jam dan Penyebabnya

Paper Jam merupakan permasalahan eror yang sering dialami oleh HP P1102 dan berbagai merek printer lainnya. Sederhananya, pengertian dari paper jam adalah kertas yang nyangkut di bagian tertentu pada mesin.

Tentu saja hal tersebut sangat menganggu, karena Anda tentu terus dituntut untuk membuat dokumen dalam waktu cepat ketika bekerja. Namun, kendala tersebut harus memakan waktu Anda.

Agar tidak mudah terjadi eror, Anda perlu mengetahui penyebab dari kertas yang tersangkut di bagian mesin cetak. Pertama, terlalu banyak meletakkan kertas, sehingga terjadi jammed.

Disarankan agar Anda tidak meletakkan jumlah kertas yang cukup banyak di printer, cukup seperlunya saja. Jangan lupa untuk memasukkan kertas tepat di posisi paper tray.

Kedua, kertas yang baru saja dibuka cenderung tidak dapat menempel satu sama lain atau bisa jadi ada bagian paper terlipat. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya jammed.

Meski paper adalah bahan untuk mencetak, namun tidak semua jenisnya dapat digunakan pada semua printer. Misalnya, kertas yang cukup tebal hanya bisa digunakan untuk jenis-jenis printer tertentu.

Terakhir, hal paling penting yang tidak hanya dilakukan untuk mencegah jammed, melainkan agar kesehatan printer tetap terjaga dan tidak mudah eror. Hal terpenting itu adalah menjaga kebersihan.

Baca Juga :  Cara Scan Hp Deskjet 2135 Mudah dan Cepat

Printer yang kotor bisa memicu terjadinya paper jam, karena bisa menyumbat proses ketika kertas hendak mencetak dokumen di dalam mesin. Tidak hanya itu, kotoran yang menumpuk juga menurunkan kualitas cetak.

Mengalami kendala saat menggunakan mesin adalah hal yang wajar, selama Anda mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Termasuk ketika memiliki HP P1102, printer all in one.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *