Airprint windows10
Airprint windows10

Cara Install dan Menggunakan Airprint di Windows10

Airprint merupakan teknologi canggih dari pabrikan Apple yang notabene populer di seluruh dunia. Perusahaan asal negara Amerika serikat ini memberikan terobosan menarik kepada para penggunanya agar bisa melakukan printing mudah.

Pasalnya Anda bisa melakukan pencetakan dokumen, gambar, atau apapun itu secara langsung melalui perangkat yang didukung olehnya. Seperti Mac, iPhone, iPad, dan lain sebagainya tanpa perlu unduh dan pasang driver.

Hal ini pasti akan sangat membantu karena Anda bisa melakukan pencetakan melalui Airprint lebih mudah lagi. Untuk konsep penggunaannya sama seperti wireless printing pada windows.

Jadi pada pembahasan kali ini Kami akan memaparkan tentang bagaimana cara memasang dan menggunakan wireless printing pada windows 10 secara lengkap. Tanpa basa basi lagi berikut ini pemaparan lebih lengkapnya.

Airprint Windows10

Memasang dan Menggunakan Airprint di Windows10

Guna bisa melakukan pemasangan dan penggunaan secara tepat. Anda wajib tahu tentang IP address dari printer yang sudah terpasang sebelumnya. Jadi pastikan Anda sudah melakukan pemasangan secara tepat.

Lalu masuk pada menu setting > Device> Printers dan Scanners> The printer that I wast isnt listed> Add a printer or scanner> Add a printer using a TCP/IP address or hostname.

Lalu ketikan IP Address sesuai dengan pada perangkat printer Anda. Masukan juga nama pada kolom port name dan klik next sampai terdeteksi printer. Tidak sulit bukan untuk Anda lakukan?

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Jelas saja mudah karena Anda hanya perlu print seperti biasanya tanpa perlu kabel layaknya Airprint. Masih bingung karena belum pernah melakukannya?

Cukup pilih dokumen atau gambar yang ingin dicetak. Lalu klik print atau ctrl print guna masuk pada printer yang diinginkan. Jika hanya ada terdaftar satu printer yang sudah dipasang diatas.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Printer HP Laser Jet P1102 Error Printing

Klik next dan next saja sampai proses pencetakan selesai. Hanya saja agar dapatkan hasil yang lebih maksimal, atur terlebih dahulu kualitas yang Anda inginkan.

Namun, sesuaikan juga dengan perangkat printer yang digunakan. Berapa kualitas DPInya agar masuk sesuai keinginan. Jangan paksa printer karena pasti akan membebani kinerjanya menjadi lebih berat.

Lalu bagaimana jika terjadi permasalahan? Tidak perlu kawatir, ada opsi untuk pencetakan melalui kabel usb atau memasang kembali pengaturan seperti diatas. Kami sarankan agar aman, pasang juga driver usb.

Untuk melakukannya juga cukup mudah sama seperti prosedur sebelumnya, hanya saja bedanya disini bukan memilih TCP/IP Address melainkan langsung akan terdeteksi saat itu juga.

Proses lanjutannya hanya tinggal menunggu pemasangan driver dan semuanya selesai. Anda bisa melakukan pencetakan dokumen, gambar, dan sebagainya selama printer sudah tertancap dengan catu daya dan komputer melalui usb.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Airprint!

Kecanggihan teknologi memang sudah tidak bisa dielakan lagi. Sesuai dengan proses panduan pemasangan dan penggunaan printer tanpa kabel tersebut. Tentu akan ada keuntungan sekaligus kekurangan dalam penggunaannya.

Bagi Anda yang penasaran tentang hal tersebut, jangan kawatir karena semuanya akan dibahas secara lengkap disini. Semuanya harus Anda pertimbangkan agar yakin memilih opsi yang mana. Jadi simak ulasannya berikut.

  1. Keuntungan

Lebih praktis dan hemat

Sudah jelas karena adanya sistem langsung print tanpa perantara. Proses ini akan membuat semuanya jadi lebih praktis. Sehingga tidak perlu adanya pc server sebagai hots.

Hal ini bisa terjadi karena proses print cukup butuh ip address yang sama dan nama untuk bisa digunakan. Jadi sudah pasti hal ini membuat proses print berjalan lebih hemat listrik.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Printer Laserjet Pro M102a

Selain itu, Anda tidak perlu melakukan pemasangan driver terus terusan. Cukup masuk pada menu pengaturan device untuk memasukan id address pada kolom hostname. Jadi semuanya sudah pasti akan lebih memudahkan.

  1. Kekurangan

Meskipun sudah sangat maju dan mampu membantu. Tetap saja jika ip address down alias tidak stabil. Proses print akan berhenti atau tidak berjalan. Hal ini merupakan kekurangan besar dari wireless.

Selain itu masih banyak juga printer yang belum kompatible dengan wireless. Hanya printer keluaran terbaru yang mampu menyediakannya namun dengan harga beli mahal. Sehingga masih sulit dijangkau oleh banyak orang.

Bagaimana menurut Anda tentang review dari printing wireless kali ini? Jadi bagi pengguna windows bisa menggunakan cara cara tersebut untuk mengeprint tanpa batuan kabel usb. Seperti Airprint dari pabrikan Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *