Audio Windows10
Ilustrasi Audio Windows10

Audio Tidak Berfungsi di Windows 10? Inilah 9 Cara Memperbaiki Masalah Audio

Frustrasi audio tidak berfungsi pada PC Windows 10 Anda? Sangat membuat frustrasi karena tidak ada suara di komputer Anda, tetapi kami siap membantu.

Di bawah ini, kami membahas solusi cepat dan mudah untuk memperbaiki suara Anda di Windows 10 saat tidak berfungsi.

9 Cara Memperbaiki Masalah Audio Windows10

1. pastikan Bahwa Volume Tidak Dimute

Pertama, Anda harus mendapatkan perbaikan yang paling jelas. Jika Anda tidak memiliki suara di komputer, periksa kembali untuk memastikan bahwa Anda tidak membisukan audio. Klik ikon Volume di sudut kanan bawah komputer Anda untuk memeriksa volume master; pastikan itu tidak dibungkam atau disetel pada tingkat yang sangat rendah.

Setelah ini, klik kanan pada ikon yang sama dan pilih Open Volume mixer untuk melihat level volume saat ini untuk semua aplikasi yang memutar audio. Nyalakan sesuai kebutuhan, konfirmasikan bahwa mereka tidak dibungkam karena kesalahan.

Pastikan untuk memeriksa volume aplikasi, game, pemutar video, atau yang serupa juga. Bahkan jika Anda meningkatkan volume master dan browser, video YouTube yang dibisukan tidak akan mengeluarkan suara apa pun.

Pada catatan terkait, tutup semua aplikasi audio berat yang tidak Anda gunakan secara aktif. Beberapa program dapat mengontrol perangkat audio Anda, sehingga Anda tidak akan mendengar apa pun dari perangkat lain. Misalnya, saat menggunakan headset Bluetooth, melakukan panggilan di Discord dapat mencegah Anda mendengar audio dari aplikasi lain.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya juga untuk me-restart komputer Anda pada saat ini. Masalah audio Anda mungkin bersifat sementara, mungkin karena pembaruan tertunda yang mengunci keluaran audio.

2. Pastikan Anda menggunakan output audio yang benar

Jika Anda memiliki lebih dari satu output audio yang terhubung ke komputer Anda, ada kemungkinan Windows memutar audio melalui perangkat yang salah.

Untuk mengubah perangkat yang digunakan untuk pemutaran, ketuk ikon volume lagi. Di atas penggeser volume, Anda akan melihat nama perangkat saat ini, jika Anda memiliki lebih dari satu yang diaktifkan. Klik ini, lalu pilih opsi yang ingin Anda gunakan dari daftar.

Ini hanya pengonversi cepat, jadi mungkin tidak menampilkan semua perangkat yang tersedia. Untuk melihat daftar lengkap perangkat audio yang terhubung ke komputer Anda, klik kanan ikon volume dan pilih Buka Pengaturan Audio. Ini berfungsi sebagai jalan pintas ke menu Pengaturan > Sistem > Suara.

Di halaman ini, klik Kelola Perangkat Audio di bawah judul Pilih perangkat keluaran Anda untuk melihat semua yang terhubung ke komputer Anda. Gunakan tombol uji dari salah satu perangkat yang tersedia untuk memainkan nada cepat.

Centang bagian Disabled untuk memastikan Anda belum mematikan perangkat yang ingin Anda gunakan. Klik pada opsi dan tekan Diaktifkan untuk menyalakannya kembali, jika perlu.

Baca Juga :  Ternyata Mudah! Aktivasi Windows 10 Pro 64 bit

Jika Anda tidak melihat output audio yang Anda harapkan, atau tidak berfungsi, lanjutkan dengan langkah berikutnya. Speaker, headphone, atau perangkat lain Anda memerlukan pemecahan masalah lebih lanjut.

3. Periksa semua kabel audio dan koneksi nirkabel

Selanjutnya, Anda harus memeriksa koneksi fisik semua perangkat audio Anda, terutama jika output yang diinginkan tidak muncul dalam daftar di atas.

Pastikan semua kabel audio (dan daya) tersambung dengan benar ke komputer Anda, serta ke perangkat. Sebaiknya putuskan dan sambungkan kembali semuanya, hanya untuk memastikan tidak ada koneksi yang longgar. Pastikan kabel audio dicolokkan ke port yang benar.

Jika ada kabel yang rusak, terlalu bengkok, atau rusak, kabel tersebut mungkin tidak dapat digunakan. Anda mungkin harus bergoyang untuk mendapatkan koneksi yang baik. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengganti kabel yang aus.

Untuk perangkat audio nirkabel seperti headphone, kunjungi Pengaturan > Perangkat > Bluetooth & Perangkat Lain dan pastikan perangkat Anda dipasangkan dengan benar dengan PC Anda.

Jika Anda juga menggunakan headset Bluetooth ini dengan ponsel Anda atau yang lainnya, putuskan sambungannya dari perangkat lain terlebih dahulu, lalu coba sambungkan lagi ke PC Windows Anda. Mencoba memutar audio dari komputer Anda ke headphone Bluetooth Anda tidak akan berfungsi saat headphone tersebut saat ini terhubung ke telepon Anda.

Terakhir, coba putuskan semua perangkat audio dari komputer Anda kecuali yang ingin Anda gunakan, jika ada sesuatu yang mengganggu perangkat lain.

4. Coba Windows Audio Trouble Shooter

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda menjalankan pemecah masalah audio. Ini memungkinkan Windows 10 untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sendiri — terkadang. Pemecah masalah Windows tidak selalu memperbaiki masalah, tetapi patut dicoba sebelum menyelam lebih dalam.

Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemecahan Masalah> Alat Pemecahan Masalah Tambahan dan pilih Putar Audio. Ikuti petunjuknya, dan mudah-mudahan, Windows akan memperbaiki masalah secara otomatis.

5. Rollback atau instal ulang driver audio

Driver biasanya berfungsi dengan baik setelah awalnya dikonfigurasi, tetapi ketika terjadi kesalahan, itu menyebabkan masalah yang mengganggu. Driver audio mungkin rusak, atau mungkin perlu diperbarui untuk memperbaiki beberapa masalah.

Windows 10 menyediakan beberapa opsi untuk melawan driver yang bermasalah. Anda akan menemukannya di Pengelola Perangkat, yang dapat Anda akses dari menu praktis dengan mengeklik kanan tombol Mulai atau menekan Win + X.

Pertama, Anda dapat mencoba mengembalikan driver ke konfigurasi terakhir yang bagus. Di Pengelola Perangkat, perluas bagian Input dan Output Audio. Klik kanan pada perangkat audio yang Anda gunakan, pilih Properties, dan browse ke tab Driver.

Tekan opsi Roll Back Driver jika tersedia, dan Windows 10 akan memulai proses penggunaan versi driver sebelumnya. Namun, ini hanya tersedia jika ada driver yang lebih tua untuk kembali.
Jika Anda tidak dapat memulihkan driver, Anda harus memilih untuk memperbarui driver atau menghapus instalan perangkat.

Anda dapat mencoba memperbarui driver melalui daftar ini, meskipun Anda mungkin perlu memperbarui driver secara manual karena Windows tidak pandai menemukan driver unik untuk sistem Anda. Dengan asumsi tidak ada pembaruan yang tersedia, pilih Uninstall device. Ini akan menghapus driver yang mengganggu, sehingga Anda dapat menginstal ulang salinan baru.

Baca Juga :  Internet Speed Booster Free for Windows 10

Sebelum melanjutkan dengan uninstall, download versi terbaru dari produsen driver, jika tersedia. Anda biasanya dapat mengunduhnya langsung dari situs web penerbit perangkat keras. Pencarian Google untuk nama perangkat Anda diikuti dengan kata “driver” seharusnya cukup untuk menemukannya—hanya saja, jangan mengunduh driver dari situs web pihak ketiga yang mencurigakan.

Jika tidak ada driver khusus yang tersedia untuk perangkat Anda, tetap lanjutkan dan Windows akan menginstal ulang perangkat lunak generik saat dimulai ulang.

Klik Uninstall device di jendela properti, dan Anda akan melihat kotak konfirmasi Uninstall device. Tergantung pada drivernya, jendela ini mungkin juga berisi opsi untuk menghapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini. Jika ini adalah opsi, centang kotak dan tekan OK.
Setelah driver dihapus, restart sistem. Jika Anda berhasil mengunduh driver baru, instal sekarang. Jika tidak, Windows seharusnya sudah menginstal ulang driver generik untuk perangkat Anda.

Jika melakukan hal di atas untuk perangkat tertentu tidak menyelesaikan masalah, coba langkah-langkah ini untuk memasukkan perangkat ke dalam kategori pengontrol audio, video, dan game.

6. Perbarui CODEC Audio Definisi Tinggi IDT

Beberapa sistem mungkin mengalami masalah dengan IDT High Definition Audio CODEC. Ini dapat diperbaiki dengan pembaruan driver manual, yang memungkinkan Anda memilih driver audio yang ingin Anda gunakan.
Kunjungi Device Manager lagi, seperti yang dibahas di atas. Luaskan bagian Pengontrol suara, video, dan game. Jika Anda mendeteksi IDT High Definition Audio CODEC, klik kanan padanya dan pilih Update Driver Software. Anda mungkin tidak melihat ini, tergantung pada komputer Anda. Jika belum, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Pada panel berikutnya, pilih Telusuri komputer saya untuk driver, diikuti oleh Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya. Ini memungkinkan Anda untuk memilih dari driver apa pun yang sudah diinstal sebelumnya pada sistem.
Pastikan Tampilkan perangkat yang kompatibel dipilih. Kemudian di bawah Model, pilih Perangkat Audio Definisi Tinggi, diikuti oleh Berikutnya, dan terakhir Ya. Anda mungkin perlu memulai ulang sistem agar perubahan diterapkan.

7. Perbaiki Masalah Audio Definisi Tinggi Realtek

Tergantung pada pabrikan dan perangkat keras komputer Anda, Anda mungkin memiliki driver audio Realtek, bukan IDT. Driver Realtek juga sering muncul di posting forum yang membahas masalah suara di Windows.

Pertama, ikuti proses yang sama di atas untuk memeriksa pembaruan driver audio Realtek. Jika itu tidak berhasil, ada dua perbaikan khusus untuk masalah audio Realtek yang dapat Anda coba.

Perbarui driver Wi-Fi Anda
Satu perbaikan umum berfokus pada menonaktifkan driver Realtek WLAN, menghapus instalan, dan kemudian menginstal ulang versi terbaru – bahkan jika Anda sudah menginstal versi terbaru.

Pertama, kunjungi situs web Realtek dan unduh versi terbaru dari driver yang berlaku untuk sistem Anda. Kemudian buka Device Manager lagi, dan ramban ke driver Realtek Wireless LAN. Ini harus berada di bawah Network Adapters, dan akan memiliki nama Realtek dan Wireless.

Klik kanan pada driver dan tekan Uninstall device. Sekarang buka file driver baru yang Anda unduh, ekstrak isinya, temukan setup.exe atau file instalasi serupa, dan ikuti instruksi. Anda harus me-restart sistem Anda setelah instalasi.
Nonaktifkan jack audio panel depan
Perbaikan ini mungkin khusus untuk sistem, tetapi pasti memperbaiki setidaknya satu, sehingga dapat memperbaiki milik Anda juga.

Baca Juga :  Update Windows 10 Pro 64 Bit Terbaru

Pengguna Reddit Tiflotin telah memperbaiki masalah audio Realtek yang persisten dengan menonaktifkan deteksi jack depan dari dalam Realtek HD Audio Manager. Anda dapat membuka alat ini dengan mengklik dua kali ikon speaker Realtek yang muncul di baki sistem di sudut kanan bawah layar Anda. Ini mungkin muncul di menu yang diperluas yang muncul saat Anda mengklik panah kecil.

Jika Anda sudah mencabut rambut Anda, ini mungkin patut dicoba!

8. Nonaktifkan Peningkatan Audio Windows

Berikutnya adalah Penyempurnaan Suara untuk Windows 10. Penyempurnaan Suara adalah paket bawaan dari Microsoft dan pihak ketiga yang dirancang untuk membuat sistem Anda terdengar lebih baik — atau setidaknya berbeda — dalam beberapa cara. Namun, “perbaikan” ini mungkin menjadi penyebab masalah suara di Windows 10. Untungnya, mereka mudah dimatikan.

Untuk mengakses peningkatan suara, klik kanan ikon speaker di baki sistem dan pilih Suara untuk membuka jendela Suara di Panel Kontrol. Di sini, alihkan ke tab Playback dan klik dua kali pada perangkat audio yang Anda gunakan.

Di jendela berikutnya, klik tab Penyempurnaan. Di sana, centang kotak berlabel Nonaktifkan semua pengoptimalan jika belum, lalu tekan Terapkan. Jika Anda mengalami masalah audio dengan beberapa perangkat, ulangi proses ini untuk setiap perangkat di daftar putar.
Saat Anda berada di sini, ada baiknya juga untuk memastikan bahwa perangkat yang ingin Anda gunakan disetel sebagai default. Klik kanan pada salah satu dan pilih Set as default device untuk melakukannya.

9. Reset Layanan Audio Windows

Jika Anda masih mengalami masalah, alasan mengapa suara tidak berfungsi di PC Anda mungkin adalah masalah di balik layar Windows dengan layanan. Meskipun layanan suara seharusnya berfungsi secara normal, terkadang mereka dapat menonaktifkan dirinya sendiri tanpa alasan. Jika ini terjadi, Anda tidak akan memiliki suara.
Ketik Layanan di Menu Mulai untuk menemukan dan membuka Manajer Layanan. Gulir ke bawah ke Audio Windows. Jika layanan tidak berjalan, audio sistem Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Mulai lagi dengan mengklik dua kali dan memilih Mulai.

Saat Anda di sini, periksa kembali jenis startup layanan. Layanan audio harus diatur ke otomatis secara default. Jika ada yang berbeda – otomatis (mulai tertunda), manual atau dinonaktifkan – ubah lagi.
Periksa Windows Audio Endpoint Builder dengan cara yang sama, karena audio juga bergantung pada ini untuk diputar dengan benar.

Tidak ada suara di komputer Anda? Sekarang Anda bisa mendengar
Kami telah membahas perbaikan untuk masalah suara di Windows 10. Kami harap Anda dapat mendengar kembali PC Anda dengan jelas.

Meskipun ini bukan perbaikan definitif untuk setiap masalah, Windows 10 tampaknya lebih suka menggunakan driver Audio Definisi Tinggi bawaan, dan sejumlah besar perbaikan yang kami baca melibatkan pembaruan, penghapusan instalan, penginstalan ulang, dan penginstalan ulang driver itu lagi.

Sementara itu, ketidakmampuan untuk menggunakan mikrofon Anda di Windows 10 adalah masalah terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *